Selasa, 23 Februari 2016

Tips Mengatasi File Excel yang Corrupt

Halo, kemarin saya dikirimkan email oleh teman saya yang berisi file dengan ekstensi .xls (Microsoft Excel). Saat saya download dan saya buka itu terdapat pesan "The file is corrupt and cannot be opened", terlintas dalam pikiran saya "ah paling karena saat di upload filenya bermasalah". Sayapun meminta mengirimkan ulang file excel tersebut dan sama saja hasilnya, masih ada pesan corrupt.
Tips Mengatasi File Excel yang Corrupt
Oke saya mulai mencari cara bagaimana file ini bisa dibuka, sudah dikirim ulang oleh teman saya juga sama saja hasilnya. Saya berjalan-jalan ke dalam gang sempit di jalan Google.com (ahaha) dan saya mulai mendapatkan titik terang (asik). Dari sekian banyak cara di internet, saya menemukan cara yang paling ampuh, penasaran? oke saya akan berikan caranya dibawah ini.

CARA PERTAMA

  1. Buka software Microsoft Excel.
  2. Klik menu File (ada dikiri atas).
  3. Pilih menu Option Trust Center.
  4. Klik tombol Trust Center Settings.
    Tips Mengatasi File Excel yang Corrupt
    Trust Center
  5. Pilih menu Protected View → Unchecklist (jangan dicentang) 3 kotak yang ada disitu.
    Tips Mengatasi File Excel yang Corrupt
    Unchecklist Protected View
  6. Klik OK dan coba.

CARA KEDUA

Sama seperti cara diatas, hanya saja beda pemilihan menunya
  1. Buka software Microsoft Excel.
  2. Klik menu File (ada dikiri atas).
  3. Pilih menu Option Advanced.
  4. Unchecklist kotak "Ignore other applications that use Dynamic Data Exchange (DDE)" pada bagian "General".
    Tips Mengatasi File Excel yang Corrupt
    Option > Advanced > General
  5. Klik OK dan coba.

CARA KETIGA

Cara ini berbeda dengan kedua cara diatas
  1. Buka software Microsoft Excel.
  2. Klik menu File (ada dikiri atas).
  3. Pilih menu Open → Computer → Browse.
  4. Saat mau klik tombol Open, pilih terlebih dahulu menu Open and Repair dengan cara klik tanda panah kebawah lalu pilih.
    Tips Mengatasi File Excel yang Corrupt
    Open and Repair
  5. Jika ada pesan klik tombol Repair.
    Tips Mengatasi File Excel yang Corrupt
    Repair
  6. Selesai.


Itulah Tips Mengatasi File Excel yang Corrupt, Sotware yang saya pakai adalah Microsoft Excel 2013.
Semoga bermanfaat!
Sumber: ber-cara.blogspot.co.id

Poka! Do vstrechi~
Kucing Cantik
Click for Comments

0 comments